A. Fungsi Microsoft Word

Secara umum Microsoft Word mempunyai fungsi sebagai word processing yaitu membuat, mengedit, dan memformat dokumen.
  1. Membuat Dokumen

    Aplikasi Microsoft Word berfungsi untuk membuat dokumen yang dapat dicetak dengan berbagai ukuran kertas.
  2. Mengedit Dokumen

    Aplikasi Microsoft Word dapat digunakan untuk mengedit dokumen lain baik dokumen yang dibuat dari aplikasi Microsoft Word itu sendiri maupun dari aplikasi pengolah kata lainnya.
  3. Memformat Dokumen

    Microsoft Word memungkinkan pengguna membuat dokumen yang lebih profesional dengan pilihan format dokumen yang beragam. Misalnya ukuran kertas, jenis huruf, warna huruf, catatan kaki, penomoran, hingga equation matematika.

B.  Fitur Umum Microsoft Word

Sebagai aplikasi pengolah kata terpopuler, Microsoft Word menyediakan beberapa fitur andalan, sebagai berikut
  • WYSIWYG: Sejak pertama rilis tahun 1981, Microsoft Word mempunyai slogan WYSIWYG atau What You See Is What You GetHal ini untuk meyakinkan pengguna bahwa apa yang dilihat di layar monitor adalah apa yang akan ditampilkan pada kertas saat dokumen dicetak.
  • Spell Check: Microsoft Word mempunyai fitur yang dapat mengecek eja pengetikan dokumen yang membantu menghindari typo saat menulis dokumen. Typo atau typographical error adalah kesalahan ketik terhadap teks tertentu.
  • Fitur tingkat teks yaitu jenis huruf, ukuran, dan format huruf, dan lain-lain.
  • Fitur tingkat halaman yaitu penomoran, indent, paragraf, dan lain-lain.
  • Dukungan aplikasi lain (Add-ins): banyak aplikasi lain yang mendukung kinerja Microsoft Office, seperti PDF reader dan Grammarly.